Kamis, 17 November 2011

PERESMIAN MER-C SUMBAR


Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Cabang Padang Sumatera Barat akhirnya diresmikan pada hari Minggu (20/03) oleh Presidium MER-C Indonesia, dr. Joserizal Jurnalis, Sp.OT. Bertempat di Masjid Asra Al Bakrie, Olo Ladang, Padang, acara peresmian didahului dengan acara Talkshow bertemakan “Relawan dalam Berbagai Perspektif”.
Acara talkshow dan launching MER-C Cabang Padang Sumatera Barat berlangsung mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.45 WIB dan diawali dengan pemutaran video kegiatan MER-C sebagai pengenalan kepada peserta mengenai LSM MER-C. Peserta yang hadir diantaranya adalah pengurus MER-C Sumatera Barat, pengurus Klinik MER-C BNI di Padang dan Padang Pariaman, ex-peserta Disaster Preparedness Training yang pernah diselenggarakan MER-C Indonesia di Padang tahun 2010 lalu, ex-Ketua MER-C Cabang Jerman dan beberapa perwakilan dari institusi baik negeri maupun swasta serta masyarakat Sumatera Barat.

Sebanyak empat orang pembicara turut berpartisipasi pada acara talkshow “Relawan dalam Berbagai Perspektif” ini, yaitu dr. Joserizal Jurnalis, Sp.OT (Presidium MER-C Indonesia), Bapak Deddi Ajiq (Sekretaris BPBD – Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kota Padang), Bapak Nurman Agus (Sekretaris MUI - Majelis Ulama Indonesia, Sumatera Barat), serta dr. Syaiful Saanin, Sp.BS (Kepala IGD - Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil dan Koordinator Medis BSB - Brigade Siaga Bencana, Sumatera Barat).

Keempat pembicara memaparkan bahwa bencana yang terjadi di Indonesia, khususnya Sumatera Barat, sekalipun dapat dijelaskan secara ilmiah, pun tidak luput dari kehendak Yang Maha Kuasa. “Bencana tersebut akan tetap ada selama manusia masih belum bersyukur dan menjalankan syariatNya. Sebagai masyarakat, sudah menjadi kewajiban kita untuk waspada dan siap menghadapi bencana tersebut,” jelas dr. Joserizal.

“Dalam hal ini, relawan itu ya serela-relanya, seikhlas-ikhlasnya. Siapa saja bisa menjadi relawan” sambung dr. Joserizal yang juga merupakan Pendiri LSM MER-C. Pada talkshow ini ditekankan peranan masing-masing lembaga dan masyarakat dalam tanggap bencana.

Diskusi berlanjut ketika peserta melontarkan berbagai pertanyaan yang dijawab secara bergantian oleh keempat pembicara. Antusiasme peserta mengikuti talkshow tampak cukup tinggi yang ditandai banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta.

Pembacaan dan serah terima Surat Keputusan dari MER-C Pusat kepada Ketua dan Pengurus MER-C Cabang Padang yang diwakili oleh dr. Joserizal Jurnalis, Sp.OT menjadi puncak acara ini. Acara kemudian diakhiri dengan doa penutup.


Sebelum diresmikan menjadi cabang, kiprah para relawan MER-C di Sumatera Barat sudah dimulai sejak tahun 2010. Cikal bakal MER-C Cabang padang Sumatera Barat telah menjalankan kegiatan penyaluran bantuan terhadap korban bencana tsunami di Mentawai serta kegiatan rutin berupa tenda tensi dan pengobatan massal setiap minggunya di daerah Pantai Sumatera Barat. Semoga setelah resmi menjadi sebuah cabang, pergerakan para relawan di wilayah ini menjadi semakin kokoh dan memiliki arah kerja yang lebih jelas dalam rangka menjalankan amanah kemanusiaan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar